NOVEL NEGERI 5 MENARA: SEBUAH TINJAUAN DIDAKTIS

Authors

  • nfn Marlina Balai Bahasa Provinsi Riau

DOI:

https://doi.org/10.31503/madah.v4i2.82

Keywords:

The novel of Negeri 5 Menara, didactic values, pragmatic theory

Abstract

Negeri 5 Menara is a very inspiring novel. It could motivate youth to fight for success. Ahmad Fuadi’s novel published in Jakarta by Gramedia in 2009 contains some didactic values required by young generation. In order to elaborate them descriptive method and pragmatic theory are used. Among ten didactic values put forward by Ali (1984), there are three of them indentified in the novel by using qualitative approach i.e. the determination covering study hard, work hard, and high spirit; the value of divinity that is sincerity (ikhlas); and the value of skill i.e. the training of leadership and motivation.   Novel Negeri 5 Menara merupakan novel yang sangat inspiratif. Novel ini memberikan motivasi kepada generasi muda untuk berjuang meraih kesuksesannya. Novel karya Ahmad Fuadi yang diterbitakn di Jakarta oleh Gramedia pada 2009 ini mengandung nilai-nilai pendidikan yang dibutuhkan generasi muda. Dengan menggunakan metode deskriptif dan teori pragmatis, nilai-nilai pendidikan yang terangkum dalam novel ini dapat dijabarkan. Dari sepuluh nilai pendidikan yang dikemukakan Ali (1984), tiga di antaranya terlihat dalam novel ini melalui pendekatan kualitatif, yaitu  nilai kehendak, mencakupi belajar dengan giat dan tekun, bekerja dengan keras, dan bersemangat yang tinggi; nilai ketuhanan, yakni bersifat ikhlas, dan nilai keterampilan, yakni  melatih jiwa kepemimpinan dan memotivasi secara handal.    

References

Ali, M. Natsir. 1984. Dasar-Dasar Mendidik. Jakarta: Mutiara Sinar Baru.

Sugono, Dendy (ed.). 2008. KBBI Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fendysastra. 2013. “Nilai-nilai dalam Cerpen”. (fendysastra.blogspot.com/2013/0 1/nilai-nilai-dalam-cerpen, diakses 12 Maret 2013).

Hasjim, Nafron. 2001. Pedoman Penyuluhan Apresiasi Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamidy, U.U. 2003. Metodologi Penelitian: Disiplin Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya. Pekanbaru: Bilik Kreatif Press.

Fatchulfkip. 2008. “Karya Sastra Menurut Teori Abrams”. (http://fatchulfkip.wordpress.com/ 2008/03/09/karya-sastramenurut-teori-abrams/, diakses 16 Februari 2013).

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Satra. Jakarta: PT Grasindo.

Siswanto, dkk. 2006. Unsur Didaktis dalam Cerita Rakyat Nabire dan Enarotali. Jayapura: Balai Bahasa Jayapura.

Respotory. 2013. “Chapter 11”. (Respotory.usu.ac.id/bitstream/12 3456789/1985/3/chapter 11.pdf., diakses 27 April 2013).

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Majalah Pendidikan. 2011. “Pengertian Nilai-nilai”. (www.majalah pendidikan.com/2011/pengertiannilai-html. diakses 27 April 2013).

Downloads

Published

2013-10-22

How to Cite

Marlina, nfn. (2013). NOVEL NEGERI 5 MENARA: SEBUAH TINJAUAN DIDAKTIS. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(2), 149–162. https://doi.org/10.31503/madah.v4i2.82