Nilai Moral dalam Buku “Petuah Tanah Leluhur: Kumpulan Cerita Rakyat Kalimantan Baratâ€
DOI:
https://doi.org/10.31503/madah.v12i2.325Kata Kunci:
Literature, Nilai Moral, FolklorAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis nilai moral yang terkandung dalam buku “Petuah Tanah Leluhur: Kumpulan Cerita Rakyat Kalimantan Baratâ€. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian berupa buku “Petuah Tanah Leluhur: Kumpulan Cerita Rakyat Kalimantan Barat†terbitan Pijar Publishing tahun 2016 yang memuat 8 judul cerita. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir, meliputi tiga alur kegiatan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil analisis terhadap delapan cerita dapat disimpulkan secara garis besar terdapat dua bentuk nilai moral diantaranya nilai moral yang berhubungan dengan diri sendiri mencakup nilai moral kerja keras dan nilai moral menghargai seperti yang terdapat dalam cerita cerita asal-usul Kota Sintang Petong Keempat dan Aji Melayu, Asal usul Sungai Kawat, asal-usul Bukit Kelam, asal usul Gunung Senujuh, asal usul Sanggau, asal mula nama Kampung Meraban. Untuk nilai-nilai moral yang berhubungan sesama manusia mencakup nilai moral kasih sayang, nilai moral kerukunan, dan nilai moral kerja sama yang terdapat dalam cerita asal-usul Kota Sintang Petong Keempat dan Aji Melayu, bukit Tampun Juah, asal usul Bukit Piantus, asal usul Gunung Senujuh, dan asal mula Kampung Meraban.Referensi
Dananjaja, James. (2007). Foklore indonesia. Jakarta: PT Pustka Utama Grafiti.
Darmadi, H.(2007). Dasar konsep pendidikan moral. Bandung:Alfabeta.
Hartati, M., & Wulan, A. P. (2016). Analisis Nilai Moral Yang Terkandung Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 138-151.
Haryadi, T., & Ihya'Ulumuddin, D. I. (2016). Penanaman nilai dan moral pada anak sekolah dasar Dengan Pendekatan Storytelling Melalui Media Komunikasi Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(01), 56-72.
Herleni, S. (2015). " Wewe Merentas Gunung": Mitologi Masyarakat Besemah Sumatera Selatan. Madah, 6(1), 83-90.
Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. Jentera, 6(1), 26-41.
Jayapada, G., dkk.(2017). Kearifan lokal dalam cerita rakyat sebagai media pendidikan karakter untuk membentuk literasi moral siswa. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 60-62.
Kristanto, M. (2014). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika Untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 59-64.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.
Maulina, Y. (2014). Cerita Rakyat “Asal-Usul Pulau Halangâ€: Analisis Fungsi Vladimir Propp. Madah, 5(1), 105-114.
Musa, M., & Setia, S. (2016). Petuah Tanah Leluhur (Kumpulan Cerita Rakyat Kalimantan Barat). Pontianak: Pijar Publishing.
Mustafa, M. (2018). Kajian Antropologi Sastra: Cerita Rakyat Saliwu Pahlawan Suku Padoe. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(2), 203-216.
Nurgiyantoro, Burhan. (2016). Sastra anak. Yogyakarya: Gadjah Mada University Press.
Sahril, S. (2017). Nilai Budaya dan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Sumatera Utara: suatu Kajian Model Skema Aktan dan Skema Fungsi Greimas. Madah, 4(2), 208-225.
Salfia, N. (2017). Nilai Moral dalam Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Humanika, 3(15).
Setyawan, A., Suwandi, S., & St Y, S. (2017). Muatan pendidikan karakter dalam cerita rakyat di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).
Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal pendidikan karakter, (1).
Subur. (2015). Pembelajaran moral berbasis kisah. Yogyakarta: Kalimedia.
Sulastri, S., & Alimin, A. A. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 156-168.
Widianti, N., dkk. (2017). Nilai moral dalam cerita babad Cirebon: berdasarkan penceritaan di Keraton Kanoman. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 24-31.
Wiguna, M.Z., & Alimin, A. A. (2018). Analisis nilai-nilai moral dalam cerita rakyat kalimantan barat. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 143-158.
Zuriah, Nurul. (2015). Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 A A Alimin, Mesterianti Hartati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published an article in the Madah journal has agreed on the following points.
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence (CC BY-NC-SA 4.0) that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are allowed to publish articles that have been published by the Journal of Madah through separate contractual agreements for non-exclusive dissemination (e.g, placing them into an institutional repository or publishing them in a book) by keeping the first issue in the Madah journal.
- Authors are permitted and encouraged to disseminate their work in cyberspace (e.g, in institutional repositories or author pages) before and during the submission of the text document as it can support productive exchange of earlier and broader credits.