Refleksi Identitas Sosial dalam Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Habib Jafar: Kajian Variasi Bahasa
DOI:
https://doi.org/10.31503/madah.v14i2.649Kata Kunci:
variasi bahasa, identitas sosial, dakwah, UAS, Habib JafarAbstrak
Identitas sosial merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap penggunaan strategi tertentu dalam dakwah keagamaan. Strategi dalam penyampaian dakwah dapat diidentifikasi melalui elemen-elemen variasi bahasa yang muncul. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi identitas sosial yang ditunjukkan dari variasi bahasa yang muncul dari strategi dakwah Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Habib Jafar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data memanfaatkan kolom pencarian TikTok dengan menumpulkan video dengan jumlah penyuka terbanyak kedua pendakwah tersebut dalam rentang waktu minggu pertama bulan Juni 2023. Data dianalisis dan diklasifikan berdasarkan jenis elemen variasi bahasa yang muncul. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan identitas sosial dalam strategi dakwah kedua penutur yang berkaitan dengan tujuan dan sasaran pendengar dari masing-masing penutur.Referensi
AB,Syamsuddin. (2016). Pengantar Sosiologi Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group. Online accesshttps://books.google.co.id/books?id=Q9xDDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Q9xDDwAAQBAJ&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj48NrAkf3nAhVHeX0KHQPyDvUQ6AEIKjAA#v=onepage&q&f=false
Barker, C. (2004). Cultural Studies: Teori Dan Praktik. edited by H. Purwanto. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Berger, A. A. (2017). An Anatomy of Humor. Routledge.Culture (ICALC 2019) (pp. 448-453). Atlantis Press. Cultures. Cengage Learning.
Farihah, I. (2014). Pengembangan Karier Pustakawan Melalui Jabatan Fungsional Perpustakaan
Ghani’s Preach in South Kalimantan. In 4th International Conference on Arts Language and
Hogg & Vaughan. (2011). Social Psychology. London: Prentice Hall.
Hogg, M.A., & Abbrams, D. (1998). Social Identification. New York : Routledge.
Hudson, R. A. (1996). Sociolinguistics. Cambridge university press.
in Africa , 2017, Vol. 47, Fasc. 1, Sermon in the City: Christian and Islamic Preaching in West Africa (2017), pp. 132-144
Jenkins, R. (2008). Social identity. Routledge: New York
Joos, M. (1967). The Five Clocks--A Linguistic Excursion Into The Five Styles Of English Usage.
Lismayanti, H., Laksono, K., & Mintowati, M. (2020). Language Variations by Guru Zaini
Mahsun. (2012). Metodologi Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan. Tekniknya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Mulyani, R., Yusuf, M., Pujiono, M., Aswani, A., & Dahlan, Z. (2023). Code Choices in Marriage Discourse Preach: A Sociolinguistic Analysis.
Rofiah, K. (2010). Dakwah Jama'ah Tabligh & eksistensinya di mata masyarakat. STAIN Press Ponorogo.
Samovar, L. A., Porter, R. E., McDaniel, E. R., & Roy, C. S. (2016). Communication between cultures. Cengage Learning.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Tajfel, H. (Ed.). (2010). Social identity and intergroup relations (Vol. 7). Cambridge University Press.
Tayob, A. (2017). Sermons as Practical and Linguistic Performances. Source: Journal of Religion
Wardhaugh, R. (2015). An Introduction to Sociolinguistics 7th Edition. New York: Basil Blackwell. World Journal of English Language Vol. 13, No. 2; 2023. doi:10.5430/wjel.v13n2p450
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Citra Dewi Harmia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author who published an article in the Madah journal has agreed on the following points.
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence (CC BY-NC-SA 4.0) that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are allowed to publish articles that have been published by the Journal of Madah through separate contractual agreements for non-exclusive dissemination (e.g, placing them into an institutional repository or publishing them in a book) by keeping the first issue in the Madah journal.
- Authors are permitted and encouraged to disseminate their work in cyberspace (e.g, in institutional repositories or author pages) before and during the submission of the text document as it can support productive exchange of earlier and broader credits.