Refleksi Identitas Sosial dalam Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Habib Jafar: Kajian Variasi Bahasa

Penulis

  • Citra Dewi Harmia Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.31503/madah.v14i2.649

Kata Kunci:

variasi bahasa, identitas sosial, dakwah, UAS, Habib Jafar

Abstrak

Identitas sosial merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap penggunaan strategi tertentu dalam dakwah keagamaan. Strategi dalam penyampaian dakwah dapat diidentifikasi melalui elemen-elemen variasi bahasa yang muncul. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi identitas sosial yang ditunjukkan dari variasi bahasa yang muncul dari strategi dakwah Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Habib Jafar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Pengumpulan data memanfaatkan kolom pencarian TikTok dengan menumpulkan video dengan jumlah penyuka terbanyak kedua pendakwah tersebut dalam rentang waktu minggu pertama bulan Juni 2023. Data dianalisis dan diklasifikan berdasarkan jenis elemen variasi bahasa yang muncul. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan identitas sosial dalam strategi dakwah kedua penutur yang berkaitan dengan tujuan dan sasaran pendengar dari masing-masing penutur.

Referensi

AB,Syamsuddin. (2016). Pengantar Sosiologi Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group. Online accesshttps://books.google.co.id/books?id=Q9xDDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Q9xDDwAAQBAJ&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj48NrAkf3nAhVHeX0KHQPyDvUQ6AEIKjAA#v=onepage&q&f=false

Barker, C. (2004). Cultural Studies: Teori Dan Praktik. edited by H. Purwanto. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Berger, A. A. (2017). An Anatomy of Humor. Routledge.Culture (ICALC 2019) (pp. 448-453). Atlantis Press. Cultures. Cengage Learning.

Farihah, I. (2014). Pengembangan Karier Pustakawan Melalui Jabatan Fungsional Perpustakaan

Ghani’s Preach in South Kalimantan. In 4th International Conference on Arts Language and

Hogg & Vaughan. (2011). Social Psychology. London: Prentice Hall.

Hogg, M.A., & Abbrams, D. (1998). Social Identification. New York : Routledge.

Hudson, R. A. (1996). Sociolinguistics. Cambridge university press.

in Africa , 2017, Vol. 47, Fasc. 1, Sermon in the City: Christian and Islamic Preaching in West Africa (2017), pp. 132-144

Jenkins, R. (2008). Social identity. Routledge: New York

Joos, M. (1967). The Five Clocks--A Linguistic Excursion Into The Five Styles Of English Usage.

Lismayanti, H., Laksono, K., & Mintowati, M. (2020). Language Variations by Guru Zaini

Mahsun. (2012). Metodologi Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan. Tekniknya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Mulyani, R., Yusuf, M., Pujiono, M., Aswani, A., & Dahlan, Z. (2023). Code Choices in Marriage Discourse Preach: A Sociolinguistic Analysis.

Rofiah, K. (2010). Dakwah Jama'ah Tabligh & eksistensinya di mata masyarakat. STAIN Press Ponorogo.

Samovar, L. A., Porter, R. E., McDaniel, E. R., & Roy, C. S. (2016). Communication between cultures. Cengage Learning.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tajfel, H. (Ed.). (2010). Social identity and intergroup relations (Vol. 7). Cambridge University Press.

Tayob, A. (2017). Sermons as Practical and Linguistic Performances. Source: Journal of Religion

Wardhaugh, R. (2015). An Introduction to Sociolinguistics 7th Edition. New York: Basil Blackwell. World Journal of English Language Vol. 13, No. 2; 2023. doi:10.5430/wjel.v13n2p450

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Harmia, C. D. (2023). Refleksi Identitas Sosial dalam Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Habib Jafar: Kajian Variasi Bahasa. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(2), 245–257. https://doi.org/10.31503/madah.v14i2.649

Terbitan

Bagian

Articles